Wednesday, October 19, 2011

Dasar Mikrokontroler #1

Apa sih mikrokontroler itu??
Mikrokontroler merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi pada saat itu.  Dimana kebutuhan akan sebuah komponen pengolah data dan pengendali yang mampu menangani berbagai aplikasi-aplikasi yang telah ada maupun yang akan dibuat. Tujuan dari semua ini adalah memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan.
Mikrokontroler merupakan sebuah IC (integrated circuit) dengan bentuk yang sedemikian rupa, dimana semua bagian yang diperlukan untuk menjadi menjadi sebuah kontroler telah dikemas dalam satu keping. Sebuah IC mikrokontroler terdiri dari :
  1. Central Processing Unit (CPU)
  2. RAM (Random Access Memory)
  3. EEPROM
  4. I/O, Serial dan Paralel
  5. Timer
  6. Interrupt
Apa kegunaan dari mikrokontroler??
Mikrokontroler banyak diterapkan pada berbagai macam peralatan elektronik yang ada. Seperti peralatan rumah tangga, komputer, moving sign, dll. Penerapan mikrokontroler biasanya digunakan untuk peralatan yang tidak membutuhkan kecepatan pengolah data yang tinggi. Sifat spesial dari mikrokontroler adalah ukuran kecil, hemat daya listrik, dan fleksibilitas tinggi sangat cocok untuk peralatan-peralatan yang membutuhkan sebuah alat pengolah dan pengontrol.
Seperti apakah teknik fabrikasi mikrokontroler??
Ini adalah tehnik yang biasa dilakukan untuk memproduksi hampir semua mikrokontroler terbaru. Mikrokontroler CMOS memerlukan daya yang lebih rendah dibanding mikrokontroler yang dibuat dengan tehnik sebelumnya, sehingga memungkinkan untuk dioperasikan menggunakan batere. Chip CMOS juga memungkinkan dioperasikan pada fully atau mendekati fully static, yang berarti bahwa clock dapat diperlambat bahkan diberhentikan sehingga chip berada dalam kondisi (mode) sleep. CMOS juga lebih tahan terhadap noise dibandingkan cara fabrikasi sebelumnya.
Arsitektur mikrokontroler??
Von-Neuman Architecure
Mikrokontroler yang di disain berdasarkan arsitektur ini memiliki sebuah data bus yang dipergunakan untuk "fetch" instruksi dan data. Program (instruksi) dan data disimpan pada memori utama secara bersama-sama. Ketika kontroler mengalamati suatu alamat di memori utama, hal pertama yang dilakukan dalah mengambil instruksi untuk dilaksanakan dan kemudian mengambil data pendukung dari instruksi tsb. Cara ini memperlambat operasi mikrokontroler.
Harvard Architecture
Arsitektur ini memilik bus data dan instruksi yang terpisah, sehingga memungkinkan eksekusi dilakukan secara bersamaan. Secara teoritis hal ini memungkinkan eksekusi yang lebih cepat tetapi di lain pihak memerlukan desain yang lebih kompleks.
Instruksi yang digunakan pada mikrokontroler??
CISC
Saat ini hampir semua mikrokontroler adalah mikrokontroler CISC (Complete Instruction Set Computer).  Biasanya memiliki lebih dari 80 instruksi. Keunggulan dari CISC ini adalah adanya instruksi yang bekerja seperti sebuah makro, sehingga memungkinkan programmer untuk menggunakan sebuah instruksi menggantikan beberapa instruksi sedarhana lainnya.
RISC
Saat ini kecenderungan industri untuk menggunakan disain mikroprosesor RISC ( Reduced Instruction Set Computer). Dengan menggunakan jumlah instruksi yang lebih sedikit, memungkinkan lahan pada chip (silicon real-estate) digunakan untuk meningkatkan kemampuan chip. Keuntungan dari RISC adalah kesederhanaan disain, chip yang lebih kecil, jumlah pin sedikit dan sangat sedikit mengkonsumsi daya.


0komentar:

Iklan Sahabat

Photobucket